Sambutan Direktur

 

Sambutan Direktur

Program Vokasi

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas taufiq dan hidayahNya sehingga Program Vokasi UMY dapat berkembang dan dipercaya masyarakat/ industri.

Program Vokasi UMY yang dulunya merupakan Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta bergabung Ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sesuai SK Kemenristek Dikti Nomor 292/KPT/I/2016, tertanggal 31 Agustus 2016 tentang “Penyatuan Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta”, yang memiliki 3 (tiga) prodi Teknik Elektromedik (TEM), Teknik Mesin (TM), dan Akuntansi (Akt).

Program Vokasi UMY memiliki visi “Menjadi Program Vokasi yang unggul skala nasional dan Islami dalam pengembangan ilmu dan teknologi terapan yang berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat pada tahun 2021.

Dalam pengembangannya Program Vokasi UMY melalui tahapannya sebagai berikut:

  1. 2016 – 2021 : Akademic Excellent
  2. 2021 – 2026 : Menuju Reputable Nasional
  3. 2026 – 2031 : Menuju Reputable Internasional (ASEAN)
  4. 2031 – 2036 : Menuju Enterpreneurship Berbasis IPTEK
  5. 2036 – 2041 : Research Industri dan Pengembangan untuk Industri

Berdasarkan perihal di atas, Pimpinan Program Vokasi berharap bahwa lulusan Program Vokasi siap kerja, untuk menunjang itu semua tiap – tiap prodi terkait lulusannya harus di tunjang dengan sertificate international oleh association yang kompeten sehingga menunjang lulusan yang unggul dan dipakai industri nasional/ internasional.

Adapun program pengembangan Vokasi ke depan adalah:

  1. Vokasi akan membuka D4 (Teknik Elektromedik, Teknik Mesin, dan Akuntansi).
  2. Vokasi akan membuka Magister Terapan.
  3. Vokasi akan membuka Doktor Terapan.

Sedangkan pengembangan dalam waktu dekat di luar prodi yang ada, Vokasi akan membuka: D4 Logistik Bisnis, D4 Lingkungan, dan D4 Pariwisata. Hal ini menjadi prioritas karena Daerah Istimewa Yogyakarta akan memilki Bandara Internasional di Kulon Progo.

Pola pengembangan Vokasi, tidak hanya berhenti di sini, tetapi kita harus dapat menangkap kebutuhan industri tentang “skill” lulusan Vokasi. Upaya ini yang harus dikembangkan adalah membangun “Akselerasi Link and Match” dengan strategi pembelajaran 5 semester di kelas dan 1 semester di industri melalui Kaprodi dan kerjasama yang telah dibangun UMY, pesan ini kami wujudkan sitivitas akademika Vokasi “jadikan prestasi menjadi tradisi”, agar vokasi berkembang dan vokasi jaya.

Sebagai penutup, mari kita gerakan budaya “DETIK” akademika Vokasi:

Disiplin : artinya sivitas akademika Vokasi UMY dalam pengembangan catur dharma harus mentaati aturan, nilai mahasiswa tepat waktu, disiplin dalam proses belajar mengajar.
Efisien : artinya sitivitas akademika Vokasi UMY harus bekerja efisien (antara waktu dan hasil) sesuai yang diharapakan dan kinerjanya.
Time Works : artinya sitivitas akademika Vokasi UMY harus dapat menjadi time work baik ke dalam maupun luar UMY, saat masuk industri.
Innovation : artinya sitivitas akademika Vokasi UMY harus dapat menjual produk (intelektualnya) ke pasar sehingga dapat berperan komersialisasi atas produk yang dimiliki.
Kreatif : artinya sitivitas akademika Vokasi UMY mampu berfikir dan mencetuskan ide-ide kreatif menjadi “value added” yang tinggi.

Demikian, sambutan ini disampaikan atas kerjasama diucapkan terimakasih.

Yogyakarta, 16 Januari 2018

 

Direktur Program Vokasi UMY

Dr. Bambang Jatmiko, S.E., M.Si.