Wujudkan PKM-Vokasi UMY Menuju PIMNAS 2019

Oktober 5, 2018 oleh : superadmin-vo

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Demi meningkatkan kemauan mahasiswa Program Vokasi untuk mengikuti PKM maka diadakan workshop PKM-Vokasi yang dilaksanakan tanggal 5 Oktober 2018 di Ruang Sidang Hukum, Gedung E3 lantai 3. Narasumber dalam workshop ini yaitu Oki Wijaya, S.P., M.P selaku Kepala Divisi Pengembangan Kreativitas Penalaran Mahasiswa UMY. Acara ini dihadiri oleh Dosen dan mahasiswa Program Vokasi dari tiga Program Studi serta perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Workshop ini mengenai tatacara penyusunan PKM dan trik-trik agar lolos PKM.

Menurut Oki Wijaya, S.P., M.P mengtakan bahwa setiap jenis kegiatan PKM memeliki perbedaan serta karakteristiknya masing-masing PKM. Secara garis  besar PKM dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu PKM Proposal Kegiatan yang meliputi PKM-P (Penelituian), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-K(Kewirausahaan), PKM-T (Penerapan Teknologi) dan PKM-KC (Karsa Cipta) yang selanjutnya disebut PKM 5 bidang, dan PKM Karya Tulis atau PKM-KT yang terdiri dari PKM-AI (Artikel Ilmiah) dan PKM-GT (gagasan Tertulis). Seluruh bidang PKM bermuara di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), kecuali
PKM-AI, karena PKM-AI telah berwujud artikel ilmiah.

Adanya workshop ini diharapkan mahasiswa Program Vokasi dapat berpartisipasi dalam pengajuan proposal PKM sesuai bidang yang dikehendaki.