Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menyelenggarakan sosialisasi Program Tri Dharma kepada seluruh dosen-dosen Program Vokasi UMY pada tanggal 01 November 2018 di Ruang Sidang Program Vokasi.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan LP3M ini mengacu kepada rencana strategi (renstra) dan road map yang sudah ditentukan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam hal ini UMY memang sudah mencanangkan untuk menjadi Universitas yang dikenal di dunia Internasional pada tahun 2020 mendatang. Sebagai langkah menuju ke sana, Tri Dharma ini diharapkan bisa menjadi pijakan awal menumbuhkan semangat para dosen dalam membuat penelitian dan jurnal yang berbasis internasional.

Penelitian (riset) adalah hulu dari Catur Dharma yang harusnya mengalir dan sebagai ujungnya kemudian dipublikasikan. Dari penelitian yang dilakukan harapannya bisa menghasilkan jurnal, buku (ajar, referensi, monograf). Itu semua merupakan produk dari riset dosen sebagai perwujudan Catur Dharma. Selain publikasi jurnal melalui pembukuan, strategi yang bisa diwujudkan yaitu melalui media sosial seperti Youtube, Facebook maupun Instagram.

Diharapkan setelah adanya sosialisasi, Program Vokasi dapat berkontribusi dalam mewujudkan target LP3M dalam membuat penelitian serta jurnal yang berbasis internasional sehingga dapat menjadikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dikenal di dunia Internasional pada tahun 2020.